Upacara Peringatan Hari Pancasila

Pada hari ini, Senin, 10 Juni  2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Pemkab Kabupaten OKU Selatan. Yang mana Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai atu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik INdonesia.  Dalam hal ini di hadiri langsung oleh Bupati Kabupaten OKU Selatan Popo Ali Martopo, Wakil Bupati, Sekda, Para Assisten dan Seluruh Kepala OPD, Camat dan Lurah Kecamatan Muaradua dan sekuruh ASN dan Non Asn di Lingkungan Kabupaten OKU Selatan.

Dalam hal ini Bupati menyampaikan Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) pada peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019. Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupkaan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun kit sebagia bngsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tanah kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita pancasila.

Di lanjut acara Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1440 H pada Jajaran Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.