Sosialisasi dan Pelatihan Soft Skill Cara Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah berbasis Inofasi, Kita tingkatkan Kualitas SDM UMKM yang handal di Kabupaten OKU Selatan Tahun 2019

Dalam pertemuan sosialisasi dan pelatihan cara mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah berbasis Inofasi, yang mana dilaksanakan Pada hari Rabu, Tanggal 20 Maret 2019. Diruang rapat Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan. Yang mana di Hadiri oleh Narasumber Nabila Butik Lampung Natar, dan Seluruh UMKM OKU Selatan . acara ini dibuka langsung oleh Bapak Sekretaris Bappeda Litbang, ir. Taufikurahman.

Definisi UMKM itu sendiri yang diatur dalam UURI No.20 Tahun 2008

Usaha Mikro adalah usaha produktif yang dimiliki oleh individu dan / atau badan usaha dengan asset maksimal 50 Juta rupiah, sedangkan kriteria omzet Usaha Mikro maksimal 300 juta rupiah.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, dan dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil dengan asset berkisar 50 Juta – 500 juta rupiah , sedangkan kriteria omzet Usaha Kecil berkisar antara 300 juta rupiah – 2,5 Miliar rupiah.

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan dengan asset berkisar 500 juta rupiah – 10 Miliar rupiah , sedangkan kriteria omzet Usaha Menengah berkisar antara 2,5 Miliar rupiah – 50 Miliar rupiah.

Pelaku UMKM berorientasi ekspor untuk mampu memasarkan, memperluas akses pasar, mempromosikan, serta meningkatkan daya saing produk unggulannya, agar mampu meningkatkan Kualitas SDM UMKM yang handal di Kabupaten OKU Selatan ini. Materi pelatihan ini sebagai pengantar bagi mereka yang memiliki potensi untuk memanfaatkan global market place sebagai salah satu alternatif akses pemasaran global yang baik dan benar.