Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) Pekerjaan : SID-Darah Irigasi/ Rawa Kewenangan Kabupaten di Kabupaten Musi Rawas, Empat Lawang dan OKU Selatan (IPDMIP)

Dalam pertemuan Konsultasi Masyarakat yang dilaksanakan Hari Rabu, tanggal 13 Maret 2018. Di aula Bappeda Litbang. Yang mana di hadiri oleh beberapa OPD Terkait, Kecamatan, Kepala Desa beserta Ketua P3A, beserta yang lainnya. Rapat pertemuan kali ini di buka oleh Sekretaris Bappeda Litbang Bapak Ir. Taufikurahman.

Kegiatan IPDMIP merupakan suatu program Integrasi Partisipasi Pertanian yang turut melibatkan Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan yang bekerjasama dengan masyarakat petani dan semua pihak yang terkait baik di dalam dan sekitar daerah Irigasi. Kegiatan IPDMIP ini diharapkan bisa memberikan manfaat pada peningkatan nilai dan keberlanjutan irigasi pertanian sehingga dapat mencapai sasaran, yaitu peningkatan ketahanan pangan dan pendapatan masyarakat pedesaan di Indonesia.

Diskusi dalam rangka Tanya jawab yang di lakukan para consultan terhadap para Peserta Rapat mampu menjadi saran yang lebih baik untuk kedepan. Dimana masyarakat selalu menanyakan bagaimana dana untuk merehap irigasi yang sudah mulai rusak, mereka meminta penambahan air untuk pertanian, dan mereka juga berharap agar pembangunan irigasi selanjutnya tidak tumpang tindih dengan pembangunan sebelumnya. Dari itu masyarakat berharap pertemuan Konsultasi Masyarakat terhadap consultan tidak hanya sekali tetapi harus lebih sering dilakukan , agar lebih meningkatnya  produktivitas irigasi pertanian di kabupaten

“Menurut Sekretaris bappeda dan para consultan  karena memang pengelolaan irigasi Kabupaten OKU Selatan ini sangat butuh dilakukan secara komprehensif. Dan program ini salah satunya, untuk meningkatkan perbaikan irigasi yang ada, dan semoga selalu bermanfaat bagi masyarakat.