Pajak Sarang Burung Walet, PBB-P2 dan PPJ BPPRD Laksanakan Rakor Bersama Bupati OKU Selatan

 

Keberhasilan Daerah dalam Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat sangat di tentukan oleh kemampuan Daerah dalam Pembangunan. Agar Pembangunan dapat berjalan dengan Baik maka dibutuhkan dana dalam dalam pembiayaan pembangunan guna mencapai target yang telah di tetapkan. Nah mulai tahn ini selain memprioritaskan pembangnan, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan juga tengah meningkatkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk mencapai Target penerimaan daerah yang bersumber dari pajak, retribusi dan penerimaan lainnya tidak lain dengan mengoptimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PDA), Khususnya sektor pajak yang selama ini masih rendah kontribusinya. Seperti pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) dan pajak Penerangan Jalan (PPJ).

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo B Commerce dalam Rakor optimalisasi Penerimaan Daerah Meminta kepada seluruh Camat dan Kepala Desa turun membantu Mensosialisasikan pentingnya Pajak Daerah. Hal ini mengingat target pendapatan asli Daerah (PAD) Kabupaten OKU Selatan 3,42 %. Orang yang Nomor satu di Bumi Serasan Seandanan ini juga mengajak masyarakat untuk membayar pajak jangan sampai menunggak pembayaran rekening listrik, karena di setiap pembayaran listrik tersebut terdapat 10 persen pajak penerangan jalan. Bupati pun meminta Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan mulai tahun 2018 lebih gencar meningkatkan Realisasi Pendapatan Pajak, Retribusi hingga Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten OKU Selatan bisa Mencapai Target.

Diantara penerimaan yang terus di optimalkan yakni dari sektor pajak sarang burung walet. Salah satu penerimaan pajak yang selama ini masih sangat minim kontribusinya. Saat ini optimalisasi pajak sarang burung walet ini terus dilakukan. Bahkan bupati sebagai salah satu pengusaha turun langsung mengajak para pengusaha burung wallet untuk membayar pajak 10 persen dari hasil panen melalui surat edaran Nomor: 973/183/BPPRD/2018 Tentang Pajak sarang burung walet. Ia berharap kesadaran untuk membayar pajak sarang burung wallet yang di contohkan Bupati dan Ketua DPRD menjadi contoh bagi Pengusaha Wallet yang terdata di Kabupaten OKU Selatan. (adv/ril/dwa)

 

Sumber berita : Harian OKU Selatan ( tgl 15 mei 2018)