Disdukcapil Launcing KIA

MUARADUA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU Selatan Kemarin Melaksanakan Launching Kartu Identitas Anak (KIA). Terpilihnya Kabupaten OKU Selatan untk Menyelenggarakan Program KIA itu sendiri mengingat Kabupaten OKU Selatan di Tahun 2017 yang lalu telah melampaui target capaian Kepemilikan Akta Kelahiran abak usia 0-17 Tahun sebesar 98 %.

Selain melaksanakan Launchng KIA, dala kegiatan tersebut juga di laksanakan sosialisasi Peningkatan Publik dalam Bidang Kependudukan dengan Narasumber Indersan SE Msi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negri. Hadir langsung dalam Kegiatan Sosialisasi da Lounching KIA yang di laksanakan di Aula Kantor Pemkab OKU Selatan tersebut Asisten I Setda OKU Selatan Nurdin Bangun MBA mewakili Bupati OKU Selatan, OPD, FKPD Serta peserta Sosialisasi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Selatan, Dra Lia Tirtayana Msi, Mengatakan Penerbitan Kart Identitas Anak (KIA) itu sendiri di lakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2016 sebagai upaya untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap anak yang lahir di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Harapan pemerintah dengan adanya Kepemilikan Kartu Identitas Anak bagi seluruh anak Indonesia Umumnya dan Khususnya di Kabupaten OKU Selatan ini nantinya dapat menjamin hak keperdataan anak dalam rangka mengurus hak dan kewajiban selaku Warga Negara. Serta juga, ujarnya dengan Memiliki KIA selain Menandakan anak tersebut berusia kurang dari 17 tahun, juga telah patuh dengan aturan Negara Sebaga Warga Negara Indonesia yang baik.

Ditambahkan oleh Lia Tirtayana M,Si. Adapun syarat untuk Membuat Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak usia 0-5 terdiri dari mengisi Formulir, Foto copy Kartu Keluarga dan lampirkan yang Asli, Foto Copy KTP Orang Tua Lampirkan yang Asli, foto copy Akta Kelahiran , Melampirkan Foto ukuran 2×3 sebanyak 2 Lembar. Selanjutnya, terang Lia untuk kelahiran tahun genap latar bewarna biru dan untuk lahir tahun ganjil latar bewarna merah. Serta membawa map warna merah untuk laki-laki dan map warna kuning untk perempuan.

Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di Bumi Serasan Seandanan agar bisa membuatkan anaknya Kartu Identitas Anak (KIA) tersebut dengan datang Langsung Ke Kantor Disdukcapil setiap hari kerja, ajak Lia Tirtayana saat kegiatan acara Launching tersebut. (adi)

Sumber berita : Harian OKU Selatan ( 16 mei 2018)