Sosialisasi Kabupaten Program Pamsimas III Kabupaten OKU Selatan Tahun 2018

 

Sosialisasi Program Pamsimas III Kabupaten OKU Selatan Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2018 bertempat di ruang rapat Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan

Dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional Tahun 2015-2019, pemerintah telah mengambil inisiatif untuk melanjutkan komitmennya dengan meluncurkan program nasional universal access 2019 dengan capaian target 100% akses air minum dan sanitasi bagi seluruh penduduk Indonesia.

Program pamsimas III merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional dalam rangka meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, yaitu pertama air bersih untuk rakyat dan kedua sanitasi total berbasis masyarakat.

Program pamsimas III bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target universal access 2019 di sektor air minum dan sanitasi.

Program pamsimas III mempunyai pendekatan dalam pelaksanaan kegiatannya sebagai berikut :

  1. Berbasis masyarakat dimana program pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pengambil keputusan utama dan penanggung jawab kegiatan dan pengelolaan sarana air minum dan sanitasi.
  2. Penguatan kelembagaan pengelolaan air minum dan sanitasi pedesaan tingkat masyarakat yaitu bpspam sebagai unit pengelola spam.
  3. Penguatan kader masyarakat desa yang akan dijadikan mitra Pemerintah Desa dan BPSPAM dalam mengembangkan pelayanan air minum dan sanitasi di tingkat masyarakat.

Besar harapan kita semua agar program pamsimas III ini dapat berjalan sesuai dengan perencanaan sehingga pembangunan sarana dan prasarana air bersih yang akan dilasanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pelaksanaannya dapat berjalan secara effektif, effisien, tepat sasaran, dan terukur sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

22 Maret 2018