RAPAT KOORDINASI TENTANG INOVASI DAERAH DI KABUPATEN OKU SELATAN

 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017, inovasi daerah merupakan semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan terhadap penerapan inovasi daerah dilakukan penilaian dan pemberian penghargaan oleh Menteri dalam Negeri kepada pemerintah daerah yang inovasi daerahnya berhasil diterapkan.

Ada empat hal penting di dalam sistem inovasi :

  1. ada penekanan bahwa inovasi adalah proses pembelajaran
  2. ada penekanan pada peranan lembaga.
  3. sistem inovasi menekankan hubungan antara aktor dan lembaga atau adanya gagasan tentang suatu sistem.
  4. sistem inovasi menekankan pentingnya interaksi yang berkelanjutan diantara stake holder (pemangku kepentingan)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2017 berhasil meraih anugerah penghargaan terbaik pertama sebagai Pemerintah Provinsi paling inovatif dengan mengikutsertakan 29 (dua puluh sembilan) inovasi yang melibatkan seluruh stakeholder baik Pemerintah, Perusahaan Swasta dan masyarakat. Inovasi yang diikutsertakan didasarkan pada 5 (lima) kriteria yaitu :

  1. Mengandung pembeharuan seluruh atau sebagian unsur dari inovasi
  2. Memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat
  3. Tidak mengakibatkan pembebanan atau pembatasan pada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  4. Merupakan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah, dan
  5. Dapat direplikasi

Diharapkan Kab/Kota di Provinsi Sumatera Selatan untuk Tahun 2018 dan Tahun-Tahun yang akan datang mengikuti kegiatan innovatif goverment award (IGA) penghargaan bagi pemerintah daerah yang paling inovatif di tahun 2018.

Sebab inovasi ialah kegiatan penelitian, pengembangan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau produksi (UU No. 18