Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 201

 

Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan sekaligus merupakan media konsultasi publik, sehingga para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan masukan konstruktif terhadap konsep Perencanaan Pembangunan yang disusun oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Forum Konsultasi Publik ini dilaksanakan untuk menghimpun dan mengkaji aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah pada Tahun 2019, selanjutnya disepakati bersama dan dituangkan dalam berita acara.

Pada momen yang sangat baik ini, marilah kita segera menyatukan tekad dan langkah untuk “bersama” mewujudkan tema Pembangunan Kabupaten Oku Selatan Tahun 2019 Yaitu :   

Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, Kepariwisataan Dan Pelayanan Publik Yang Berkualitas

Untuk mewujudkan tema  tersebut ditempuh melalui 5 (lima) prioritas pembangunan daerah yang diambil dari isu strategis tahun 2019 yakni :

  1. Perekonomian, inovasi daerah, pengangguran dan kemiskinan.
  2. Peningkatan kawasan wisata danau ranau, pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam.
  3. Peningkatan standar pelayanan minimal (SPM) bidang pendidikan, bidang kesehatan dan pelayanan publik lainnya.
  4. Tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, kolaboratif, demokratis, efesien, efektif dan akuntabel.
  5. Kualitas dan ketersediaan infrastruktur wilayah.

Tema tersebut merupakan cita-cita yang ingin diwujudkan dan dicapai pada tahun 2019, sedangkan prioritas pembangunan daerah merupakan langkah-langkah dan strategiyang dilakukan untuk mewujudkan tema tersebut. Karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya sampaikansebagai suatu dokumen perencanaan yang penting sudah sepatutnya Pemerintah Kabupaten, DPRD, dan masyarakat memberikan perhatian penting pada kualitas proses penyusunan dokumen RKPD.

Demi mendapatkan dokumen perencanaan yang baik, manageable, dan selaras dengan manajemen pemerintahan daerah, maka tema dan prioritas pembangunan daerah tersebut perlu dikembangkan dan dijabarkan sesuai prinsip perencanaan pembangunan daerah, agar tujuan dan sasaran pembangunan tahun 2019 dapat berjalan secara efektif dan efesien.

Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah, tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Perlu sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini, yaitu forum konsultasi publik rancangan awal RKPD.

Proses penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2019 telah terintegrasi dengan dokumen RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2016-2021. Dalam rangka untuk memastikan bahwa kaidah pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dalam pembangunan.

Oleh karena itu, perlu saya instruksikan beberapa hal terkait dengan rancangan awal RKPD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2019 untuk menjadi perhatian kita semua, yaitu:

Pertama, seluruh perangkat daerah agar dapat menjabarkan tema dan prioritas pembangunan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dengan sebaik-baiknya, dengan cara menyusun tujuan, sasaran, strategi, dan arah kebijakan;

Kedua,laporan reses DPRD Kabupaten OKU Selatan dn hasil musrenbang tingkat Kecamatan harus kita akomodir dengan catatan program/kegiatan tersebut merupakan kewenangan pemerintah serta selaras dengan prioritas pembangunan daerah.

Ketiga, adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money followprogram benar-benar dilakukan. Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan dan jangan hanya konsep pemerataan pendanaan semua tugas dan fungsi kelembagaan di perangkat daerah.

Berharap proses forum konsultasi publik dan proses lainnya dalam penyusunan RKPD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2019 dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga target untuk menetapkan RKPD paling lambat 1 (satu) minggu setelah RKPD Provinsi ditetapkan akan dapat tercapai.

Maret 2018